Kamis, 12 April 2012

Cara-cara Berpikir Hebat seperti Para Milyuner

Pernahkah anda memikirkan mengapa seseorang bisa menjadi milyuner sementara banyak orang lainnya tidak?

Apa sebenarnya yang membedakan antara para milyuner dengan orang-orang kebanyakan?

Dalam posting kali ini, saya akan ungkap perbedaannya dari sisi cara berpikir. Para milyuner memiliki cara berpikir yang lain dari orang kebanyakan.

Saya berikan sebuah contoh terlebih dahulu…
Waktu lebaran, ketupat yang ada di meja makan bagi orang kebanyakan tidak lebih sebagai makanan yang lezat disantap. Sementara di otak seorang milyuner, yang muncul adalah “maukah orang-orang menukarkan uangnya dengan ketupat ini?”
Tidak cukup di sana, rangkaian pertanyaan dari otak milyuner akan berlanjut:
  • Bagaimana proses membuatnya?
  • Apa saja investasi yang diperlukan?
  • Berapa biayanya?
  • Berapa lama produk anda itu bisa bertahan?
  • Dimana bisa dijual?
  • Bagaimana iklim kompetisinya?
  • Bisakah dibuat produk tambahannya?
  • Berapa biayanya?
  • Bagaimana cara memulainya?
  • dan seterusnya
Itulah beberapa pertanyaan yang muncul dari kepala para milyuner yang membedakan dengan kepala kebanyakan orang. Pertanyaan-pertanyaan yang langsung menuju sasaran, efektif, dan potensial mendatangkan uang.
Mungkin ada yang ragu apakah anda juga bisa berpikir seperti milyuner. “Saya kan orang biasa saja,” mungkin itu alasan anda.
Namun mari jangan rendahkan diri anda sendiri. Setiap orang dianugerahi pikiran yang luar biasa. Bedanya hanya tidak setiap orang melatih pikirannya seperti para milyuner.
Anda bisa mulai dari sekarang untuk melatih anugerah dari Tuhan ini. Sedikit demi sedikit usaha yang anda lakukan, pasti berdampak dramatis terhadap kehidupan anda selanjutnya.
Mulailah berjanji untuk berlatih cara berpikir para milyuner. Serta jangan lupa tingkatkan selalu kemampuan anda untuk meng-ACTION-kan ide-ide yang anda miliki. Dalam beberapa waktu ke depan, anda akan tercengang atas perubahan yang terjadi pada anda.

Namun ketika anda mulai menapak jalur kesuksesan itu, anda harus memiliki mental yang kuat. Sebab “angin”-nya makin kencang. Biasanya ada saja orang yang tidak suka dengan keberhasilan seseorang. Karena mereka mungkin menganggap diri mereka lebih pintar dari pada anda, tapi mereka tidak bisa seberhasil anda.

Kritikan yang mereka lontarkan bukan untuk mendorong anda naik ke level lebih tinggi lagi, tapi untuk menjatuhkan anda. Anda tentu bisa membedakan mana kritikan yang positif dan sebaliknya yang memang bertujuan negatif. Saat itulah anda harus belajar menangani orang-orang semacam itu.
Tapi hal paling penting pertama adalah anda harus berhasil terlebih dahulu. Berikut ini saya sampaikan juga ciri-ciri pikiran para milyuner yang bisa anda tiru:
  1. Begitu ada produk baru, orang kebanyakan berpikir ingin memilikinya. Sedang para pebisnis atau pengusaha bertanya,”Bagaimana saya bisa membuat produk yang mirip untuk bisnis saya?” Atau “bagaimana kelebihan produk itu bisa diterapkan dalam produk saya?”.
    Atau secara singkat, orang kebanyakan bersikap konsumtif, sedang pebisnis produktif.
  2. Orang kebanyakan alergi terhadap perubahan. Sedang pikiran para milyuner mengakrabinya. Perubahan adalah kawan dekat.
  3. Orang kebanyakan menerima sesuatu seperti apa adanya. Sebaliknya pikiran milyuner selalu mencari cara bagaimana membuat sesuatu lebih baik lagi.
  4. Orang kebanyakan bersikap reaktif, sedang para milyuner bersikap proaktif.
  5. Orang kebanyakan menyangka kalau kesuksesan yang diraih seseorang lebih dikarenakan keberuntungan. Sedang milyuner mencari tahu “mengapa mereka bisa sukses?” dan “bagaimana mereka juga bisa melakukannya?”.
Anda bisa mulai berlatih menjadi para milyuner dengan menerapkan cara berpikir di atas dalam kehidupan anda sehari-hari. Menjadikannya sebuah kebiasaan yang akan mengubah masa depan hidup anda jauh lebih baik.
Salam ACTION!

Ayo Mulai Wirausaha Online di Internet!


Sejak diluncurkannya saya amati geliat bisnis internet kian meriah. Penerapan isi dari produk sudah mulai terasa di internet. Saya ikut bersyukur dengan perkembangan ini.

Meningkatnya jumlah para wirausaha online yang mengambil sikap untuk start action memulai bisnis internet merupakan kondisi bagus yang bermanfaat besar untuk bangsa ini.


Seperti posting  yang mengajak petani Indonesia untuk mengembangkan usahanya lewat internet, lewat posting ini juga dan lewat posting-posting lainnya di blog ini, tanpa henti-henti saya mengajak agar anda semua untuk mulai membangun usaha di internet. Permulaan tak akan pernah terjadi tanpa ada kesediaan diri untuk berkata “Ya Saya Mulai Bisnis Internet!” dan langsung ACTION tanpa banyak pikir dan menunda lagi.

Internet adalah lahan subur yang bisa diolah siapa saja. Internet menyediakan beragam jenis peluang usaha dengan keuntungan yang memikat. Internet adalah ladang paling subur yang tak membutuhkan banyak modal untuk memulainya.

Sudah banyak cerita bagaimana usaha-usaha kecil maju dan berkembang berkat internet. Tak terhitung sudah berapa banyak orang yang menjalankan bisnisnya di internet dan menjadikan internet sebagai mata pencaharian utama. Apakah ini artinya peluang di internet sudah tertutup?

Sama sekali tidak. Indonesia butuh lebih banyak wirausahawan online. Indonesia butuh lebih banyak wirausahawan internet yang mampu menggerakkan ekonomi internet lebih dahsyat lagi. Penggerak utama ekonomi masa mendatang ada di internet. Dan mereka yang mengambil start lebih awal akan menikmati hasilnya.

Pernah ada yang bertanya, “Bukankah kalau semua orang masuk ke internet, persaingan akan sangat ketat? Belum lagi modal yang dikeluarkan di internet sangat sedikit, sementara potensi hasilnya berlipat-lipat, itu membuat semua orang terdorong masuk ke internet.”

Saya jawab, “Tiap tahun selalu ada usaha kecil menengah di Amerika Serikat yang mampu naik kelas berkat internet. Padahal, di sana mbah-nya internet berasal. Semua usaha kecil menengah sudah memanfaatkan internet sebagai alat pemasarannya. Tapi nyatanya selalu ada yang berhasil naik kelas dan usaha mereka jauh lebih berkembang berkat internet. Di Indonesia? Dibanding Amerika Serikat, persaingan yang ada di sini belum ada apa-apanya.”

Persaingan adalah hukum alam dalam bisnis. Tak ada yang perlu ditakutkan dengan persaingan. Selama anda mengerti soal marketing, mau terus berinovasi dan ACTION, mau merawat bisnis anda seperti anda membesarkan anak anda dengan sepenuh hati, yakinlah usaha anda akan berkembang.
Konsumen selalu mencari yang terbaik bagi dirinya. Mereka selalu menginginkan yang terbaik!

Saya juga lihat dan amati bagaimana para wirausaha online kemudian menjadi lebih tangguh saat mereka mulai melebarkan sayap bisnisnya ke offline. Mereka terapkan konsep-konsep internet untuk memajukan usahanya di offline.
Sekali lagi…
Bisnis internet bukan hanya milik mereka yang bisa komputer dan pintar internet, ini peluang terbuka yang bisa dimasuki siapa saja tanpa peduli dari latar belakang apapun anda datang, dengan kemauan kuat untuk belajar dan action, Anda pasti BISA!
Anda yang tak segera mengambil sikap untuk memulai bisnis internet, menentukan masa depan anda sendiri, akan menyesal di kemudian hari.
Bagaimana nasib anda setahun, lima tahun atau sepuluh tahun mendatang, adalah hasil dari ACTION anda hari ini.
Salam ACTION!

Tips Mengembangkan IQ dan EQ Anak

Tentunya Anda sudah seringkali dan cukup familiar dengan apa yang dikatakan sebagai saingan terbesar IQ (kecerdasan akal), yaitu EQ (kecerdasan emosi). IQ tinggi yang dimiliki oleh seseorang, tidak akan berkembang dengan baik dalam kehidupan sosialnya apabila tidak didukung juga dengan EQ yang bagus.
Begitu juga halnya dengan buah hati Anda. Jika Anda tidak yakin mengapa EQ menjadi sebegitu pentingnya bagi perkembangan dan kehidupan anak, coba lihat sekeliling Anda. Pernahkah Anda menemui orang yang sebegitu pandainya tetapi dalam kehidupan social ia justru tampak jauh tertinggal. Jangankan teman baik ataupun membangun relasi dan network, untuk berinteraksi dengan orang lain pun sepertinya adalah hal yang aneh baginya. Sayangkan, kepandaiannya menjadi sia-sia belaka.

Sebagai orang tua, toh Anda perlu sadari bahwa jika si anak cukup cerdas emosinya, maka kemungkinan ia untuk hidup bahagia dan sukses akan terus meningkat. Kami ingin berbagi beberapa cara untuk mengembangkan kecerdasan emosi si buyung dan si upik kesayangan Anda…

Beri contoh teladan
Anak sudah pasti akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Mereka mencontoh cara Anda menghadapi dan menyelesaikan permasalahan, melihat apakah Anda bisa menyadari apa yang ANda rasakan dan seperti apa reaksi Anda terhadap perasaan orang lain.

Jangan ragu berkata TIDAK
Tidak semua keinginan anak harus dipenuhi. Mengucapkan kata tidak atau menolak apa yang diminya olehnya akan membuat ia belajar ntuk mengatasi kekecewaan dan mengontrol emosinya sendiri. Kebiasaan mendapatkan apa yang diinginkannya dengan mudah tidak akan membuatnya bahagia, malah akan membuatnya lemah dan manja. Tapi ingat, jangan berlebihan dan terlalu pelit untuk bilang IYA.

Ajari tanggung jawab
Ajari si kecil untuk bertanggung jawab sejak dini. ANak yang terbiasa melaksanakan tugas rumah tangga sejak dini akan cenderung lebih bahagia dan sukses saat dewasa. Ini dikarenakan ia telah dibiasakan untuk menyadari keberadaan dan perannya yang sangat pentig dalam keluarga. Si kecil juga perlu mendapatkan penghargaan setimpal dengan apa yang sudah susah payah dilakukannya.

Awas pengaruh media
Jangan biarkan buah hati Anda dibesarkan dan diatur oleh media. Biarkan ia bermain dengan bebas, dan jangan biarkan ia menghabiskan lebih banyak waktunya di depan layer televisi atau computer. Justru dengan bermain dengan bebas di luar bersama teman-temannya, ia akan mengembangkan ketrampilannya menyelesaikan masalah dan kreativitasnya dengan baik.

Jangan hanya menjadi ‘juri’
Belajarlah untuk mengenali perasaan tanpa harus memberikan penilaian. Misalnya, jika anak menangis, tanyakan padanya mengapa merasa sedih. Ini akan lebih efektif dibanding dengan menyuruhnya berhenti menangis. Justru dengan menekan apa yang dirasakannya malah akan membuat perasaan tersebut terpendam dan mengerak.

Pandangan positif
Apa yang Anda pikirkan adalah apa yang nantinya akan terwujud nyata. Jangan anggap buah hati Anda sebagai masalah. Bila iya, maka keluarga Anda juga akan menemui banyak masalah. Jangan berpikiran negativf bahwa ia adalah sosok yang nakal, karena ia akan menjadi seperti yang ada dalam pikiran Anda nantinya. Kembangkan kecerdasan si kecil dengan menganggapnya dan berpikiran positif bahwa ia adalah sosok yang luar biasa dan mampu mengatasi masalahnya.
Good luck!

Cara Mencuri Info di Grup Facebook


Saat ini banyak sekali beredar di facebook aneka grup yang menggunakan pertanyaan sebagai judul grupnya seperti ini misalnya:
  • Cara Mengetahui Siapa yang Melihat Profil Kita
  • Cara Mengubah tampilan facebook
  • Cara Mendapatkan Ribuan Teman dengan modal Copy Paste
  • Cara Mendapat Uang dari Facebook, dll
Jika anda mendapatkan undangan seperti itu, tak perlu bergabung untuk mengetahui bagaimana caranya. Cukup buka saja grupnya (Klik judul grup pada undangan kalau anda tidak tahu bagaimana caranya).
Nah, setelah itu, perhatikan di bagian sebelah kiri grup itu
Grup
Di bagian information itulah anda bisa melihat info bagaimana caranya. Tapi ingat ini, biasanya mereka akan MEMBOHONGI ANDA dengan menyuruh anda untuk menginvite teman-teman anda. Mereka bilang, teknik ini akan semakin maknyus kalau kita mengajak teman sebanyak mungkin.
Padahal, tanpa anda mengajak pun anda tetap bisa melakukannya. Contohnya yang saya lakukan di grup cara mendapat ribuan teman. Saya tinggal buka infonya. Dan ternyata di info itu dikatakan untuk copy paste list email yang ada di discussion.
Akhirnya saya masuk discussionnya dan buka thread list emailnya. Jadi deh saya kirim add friends ke 1500 orang. Saat ini baru 100 yang approve, maklum baru kemarin sendnya hehehe..
Lihat, saya mendapatkan list email, mendapat info caranya tanpa harus bergabung dan tanpa perlu teknik hacking apapun. Karena facebook tidak menutup info grupnya untuk orang luar, jadi semua orang bisa melihat
Trus apa resikonya kalau kita bergabung?
Pertama, pemilik grup bisa dengan seenaknya mengirimi pesan iklan ke inbox anda. Kalau cara rekrutnya penuh kebohongan gitu, maka ndak usah berharap dia akan memberi tawaran yang baik, paling ya bohong2 juga.
Kedua, kalau anda menempatkan email disana, maka jangan heran kalau banyak penawaran aneh2 masuk ke mailbox anda.
Ketiga, kalau isi grupnya sudah banyak, pemilik bisa menjual anda ke orang lain. Anda dapat untung? Maaf, gak akan dikasih sedikitpun. Dan nanti kalau sudah pindah tangan, siap-siap aja inbox facebook anda bakalan full.
Keempat, karena inbox facebook terhubung dengan inbox email kita, maka jangan kaget juga kalau email anda juga full.
Jadi, pilih2lah grup yang baik. Yang memang memberi info-info maknyuss tanpa perlu membohongi anda. Contohnya ya ini. Ini adalah grup yang saya buat untuk berbagai tempat-tempat menanam backlink sehingga blog anda bisa nangkring di halaman pertama.

Cara Membagi Waktu untuk Mahasiswa Wirausaha

Ada pertanyaan menarik dari Fathurrahman soal cara membagi waktu bagi mahasiswa yang hendak memulai wirausaha di posting tips antigalau mulai usaha. Begini pertanyaan lengkapnya.
Maaf pak. Saya masih belum bisa maksimal bagi waktu. Masih kuliah lagi 2 tahun ini. mungkin ada tips or terobosan pak…? trims.
Menjadi mahasiswa sambil mulai wirausaha merupakan hal yang baik. Sebab sejak dini bisa melatih diri menjadi wirausaha mandiri. Namun tidak elok juga jika kemudian keasyikan memulai bisnis membuat kuliah menjadi terbengkalai.
Lalu bagaimana solusinya?
Ada tujuh tips mengatur waktu bagi mahasiswa wirausaha yang akan saya bagikan di sini.
  1. Bagi waktu anda sebaiknya-baiknya. Bagi waktu anda antara kuliah, bisnis, dan bersosialisasi. Mulai hari anda dengan selalu mengatur perencanaan anda hari ini, dan pastikan anda disiplin menjalankannya.
  2. Kerjakan tugas kuliah anda segera. Bila anda mendapatkan tugas kuliah, segera kerjakan biar cepat kelar. Matikan juga Facebook anda. Sering mungkin dalam pikiran anda “Saya main facebook dulu, baru garap tugasnya nanti”. Atau mencoba belajar sambil facebook-an. Dijamin itu tidak akan efektif. Yang terbaik tetaplah kerjakan tugas anda terlebih dulu sampai selesai.
  3. Belajar tetapkan prioritas anda. Seperti contoh pilihan untuk memainkan Facebook dan menyelesaikan tugas di atas, anda juga akan dihadapkan dengan berbagai pilihan-pilihan lainnya. Di sinilah anda belajar untuk mengatur prioritas anda. Apa yang terpenting dan terbaik, itulah yang harus anda prioritaskan.
  4. Soal memilih usaha, jika anda khawatir tidak punya banyak waktu untuk usaha anda, anda bisa pilih usaha yang tidak terlalu menyita banyak waktu. Cukup 1-3 jam sehari misalnya. Contohnya?
    Kalau di bisnis online misalnya bisa menjadi affiliate/reseler. Intinya yang cukup tidak banyak memakan waktu. Banyak bisnis online yang menawarkan afiliasi, salah satunya seperti produk jam slapia.
  5. Saat libur kuliah adalah saat yang pas untuk membuat proyek wirausaha anda terwujud. Jika anda punya ide bisnis, saat liburan kuliah ini adalah saat yang tepat untuk ngebut mengeksekusinya.
  6. Kalau anda memilih bisnis yang banyak memakan waktu, anda mungkin perlu kurangi waktu istirahat anda dan kurangi juga jam nonton televisi.
  7. Kalau anda berbisnis online, saat anda sedang di kampus, anda bisa manfaatkan jam istirahat kuliah untuk mengecek bisnis online anda. Dari laptop, netbook, atau warnet, anda bisa pastikan bisnis tetap berjalan dengan baik selama anda tinggal kuliah tadi.
Inilah tujuh cara membagi waktu bagi mahasiswa wirausaha. Rekan-rekan punya tips lainnya bagi mahasiswa yang mau mulai wirausaha? Mari sharingkan…

Selasa, 10 April 2012

Makna Cinta ( cintai pasangan hidup kita apa adanya )

 Kondisi stres yang sedang kita alami, baik mengenai tekanan pekerjaan maupun masalah keluarga, cenderung membuat kita menjadi orang yang lebih cepat marah dan mudah emosi. Di dalam berhubungan, terkadang perilaku tersebut bisa menyebabkan perasaan tersinggung atau bahkan pertengkaran dengan pasangan kita. Oleh sebab itu, mari redam hawa peperangan dengan mengerti sedikit siapa dan bagaimanakah pasangan kita.


Tidak ada orang yang sempurna. Kita semua pasti memiliki kekurangannya masing-masing, begitu juga dengan pasangan kita. Dengan mencoba belajar untuk bisa melihat mereka dari sudut pandang yang lebih rasional atau lebih dimengerti, mungkin bisa menjadi kado hari Valentine terbaik yang bisa diberikan kepada pasangan kita. Menurut studi yang dilakukan di University of Washington, Neil Jacobson, PhD, psikolog dan pendiri integrative behavioral couples therapy, menyatakan perilaku saling menerima antar pasangan tidak hanya akan meningkatkan keintiman dan kepuasan dalam berhubungan saja, tapi juga bisa menghindari kita terjadinya perselingkuhan. Sebab dengan sikap saling menerima, maka kedua belah pihak tidak akan merasakan adanya tekanan satu sama lain.


Sembrono.

Jika seorang pria mampu membangun rumah, menerbangkan pesawat, memperbaiki mobil yang rusak, tapi banyak wanita yang merasa heran, mengapa para suami tidak bisa membersihkan cucian piring? Atau sekedar mengganti tisu di toilet yang sudah habis? Sebenarnya, kita tidak perlu seorang profesor untuk mengetahui alasan mengapa wanita lebih condong bisa melakukan pekerjaan rumah lebih banyak dibading yang para kaum pria bisa kerjakan.


Sebenarnya, faktor keengganan suami pasangan membantu kita adalah karena mereka memiliki rasa takut lebih besar akan mengganggu pekerjaan kita dibanding kekacauan yang bisa dan akan mereka perbuat.


Dibanding marah-marah, sebaiknya apa yang bisa kita lakukan? Gunakanlah komunikasi yang efektif, yaitu komunikasi yang tidak hanya sebatas penyampaian pesan saja tapi harus disertakan dengan kontak verbal, seperti kontak mata dan penggunaan intonasi yang tepat, atau kita bisa membubuhkan sedikit humor. Jika suami tampak tidak peduli sama sekali dengan debu-debu yang menempel di perabot rumah, maka pahamilah bahwa memang kaum pria tidak didesain untuk bisa memperhatikan hal-hal yang kecil seperti kaum perempuan.


Tidak banyak bicara.

Biasanya, wanita memang lebih terbuka dan cerewet dibanding kaum pria. Penelitian yang dilakukan Ronald F.Levant, EdD, dari University of Akron, menyatakan sebenarnya baik lelaki maupun perempuan dilahirkan dengan kapasitas berperilaku ekspresif yang sama, namun yang membuatnya berbeda adalah cara mensosialisasikannya saja.


Orang tua akan lebih cenderung mengekspos jangkauan emosi mereka yang lebih luas pada anak perempuannya dibanding anak lelaki, dan orang tua juga bekerja keras untuk bisa mengantur perubahan emosi dari anak-anak mereka. Mungkin saja, pasangan hidup kita merupakan tipe lelaki pendiam dikarenakan sejak kecil memang mereka tidak diajarkan untuk mengekspresikan emosi mereka. Jadi jangan pernah menginterpretasikan “diamnya” pasangan sebagai sinyal bahwa mereka sudah mulai bosan dan tidak lagi tertarik dengan kita. Seharusnya, jika kita percaya akan besarnya cinta pasangan pada kita, maka kita bisa melihat bagaimana pasangan mengkomunikasikan bentuk cinta mereka dengan cara yang non-verbal.


Terlalu sibuk.

Memiliki pasangan yang bekerja 7/24 jam memang kadang membuat kita kesal, marah dan tidak dihargai. Tapi cobalah kita selami satu kata, yaitu pengampunan. Dimana kita bisa menerima dan mengampuni kesalahan orang lain serta mengubah pengampunan tersebut menjadi rasa sayang. Ajaklah pasangan kita untuk berbicara dari hati ke hati, ketimbang hanya menyalahkan dan mengeluarkan kalimat makian. Berikan rasa hormat dan dukungan kepada pasangan kita sehingga mereka bisa merasakan kalau kita selalu ada untuk mendukung dan memberikan perhatian kepada mereka. Dan pada akhirnya, mereka dengan sendirinya akan merubah jadwal kerja dan ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan kita.


Berusaha untuk belajar mencintai kekurangan pasangan kita bukan berarti mereka akan merubah perilaku mereka. Tapi, yang pasti kita sendiri akan merasakan perubahannya, seperti peningkatan rasa percaya, intimasi, dan rasa sayang kepada pasangan kita. Coba pada kali  ini :

  • Tuliskan surat kepada pasangan kita yang berisi apresiasi kita untuk segala bentuk empati, keingintahuan, dan kebaikan yang dia tunjukkan melalui kekurangan yang ada padanya.

  • Berikan pasangan kita kado spesial untuk merayakan perbedaan kita. Contoh, jika pasangan kita suka menikmati konser dengan hingar bingarnya dan kita tidak, coba belilah 2 tiket konser untuk kita tonton bersama. Tunjukkan betapa besarnya cinta kita dengan menikmati konser tersebut karena hal itu yang akan membuat pasangan kita bahagia. (Sumber: preventionindonesia.com)

Aplikasi Trik Marketing Yang Harus Anda Ketahui



Terkadang untuk mempelajari marketing kita bingung dengan nama nama berbaru asing dan sulit untuk mempelajari apalagi membayangkan contohnya realnya. Dibawah ini ada beberapa contoh yang mungkin bisa sedikit membantu anda semua dalam pemahaman trik marketing yang sudah sering kita dengar. Semoga bermanfaat ya :) . Langsung saja direct to the main points :

1.Ada gadis cantik di sebuah pesta. Kamu mendatanginya dan langsung bilang, “Saya orang kaya. Nikah sama saya, yuk!” Itu namanya Direct Marketing.

2. Ada gadis cantik di sebuah pesta. Salah satu temanmu menghampirinya. Sambil menunjuk ke arah kamu, temanmu itu berkata, “Dia orang kaya, nikah sama dia, ya!” Itu namanya Advertising.

3. Ada gadis cantik di sebuah pesta. Kamu menghampirinya, lalu minta nomor HP. Esok harinya kamu telepon dia dan langsung bilang, “Saya orang kaya. Nikah sama saya, yuk!” Itu namanya Telemarketing.

4. Kamu melihat gadis cantik di sebuah pesta. Kamu merapikan diri, lalu menuangkan minuman buat dia, dan membukakan pintu buat dia. Sambil mengantarnya pulang, kamu bilang, “By the way, saya orang kaya nih. Nikah sama saya, yuk!” Itu namanya Public Relations.

5. Kamu melihat gadis cantik di sebuah pesta. Dia menghampiri kamu dan berkata, “Kamu orang kaya,kan? Nikah sama saya, yuk!' Itu namanya Brand Recognition.

6. Ada gadis cantik di sebuah pesta. Kamu mendatanginya dan langsung bilang, “Saya orang kaya. Nikah sama saya, yuk!”, tapi dia malah menampar kamu. Itu namanya Customer Feedback.

7. Ada gadis cantik di sebuah pesta. Kamu mendatanginya dan langsung bilang, “Saya orang kaya. Nikah sama saya, yuk!”, terus dia memperkenalkan kamu ke suaminya. Itu namanya Demand and Supply Gap.

8. Kamu melihat gadis cantik di sebuah pesta. Kamu menghampirinya, tapi belum juga kamu sempat bilang apa-apa, ada pria lain datang dan langsung berkata, “Saya orang kaya nih. Nikah sama saya, yuk!' Lalu sang gadis pergi dengan pria tersebut. Itu namanya Losing Market Share.

9. Kamu melihat gadis cantik di sebuah pesta. Kamu menghampirinya, tapi belum juga kamu sempat bilang, “Saya orang kaya nih. Nikah sama saya, yuk!'.... tiba-tiba istri kamu nongol! Itu namanya Barrier to new market entry.

13 RAHASIA MARKETING AMPUH YANG HARUS DIKETAHUI

Anda seorang juragan(seller)?Yuk belajar 13 Rahasia Marketing yang sangat penting ini.Dengan 13 rahasia ini,agan bisa lebih hebat lagi menjual segala sesuatu lho!Gak percaya?Coba saja..
13 prinsip penjualan (selling) yg wajib dikuasai seller,sales,marketing dan bussinesman.


# SELL YOUR REPUTATION
Ingat,janganlah anda menjual produk anda sebelum anda berhasil menjual REPUTASI anda.
Misalnya ketika anda ingin membeli komputer,hp,tv,laptop dll tentu pertama-tama yg anda pertimbangkan adalah sebuah nama atau yg lebih dikenal dgn sebutan BRAND (merk).
Tentu saja sebuah merk bukan hanya merupakan kumpulan dari sederetan tulisan ataupun logo,namun lebih dari itu. Sebuah merk lebih identik dgn sebuah komitmen dan dedikasi serta tanggung jawab perusahaan kepada berbagai pihak terutama para konsumen.


# KNOW YOUR TARGET
Jangan pernah anda menghabiskan waktu terlalu banyak untuk menawarkan kepada mereka yg semestinya bukan merupakan target dari produk anda.
Contohnya anda menjual mobil dengan harga milyaran rupiah maka anda akan tahu dan harus tahu kepada siapa menawarkannya.


# MAKING APPOINTMENT
Sebuah transaksi kemungkinan besar tidak akan terjadi sebelum anda berhasil bertemu dengan konsumen dan kemungkinan besar anda anda juga tidak akan bs bertemu dgn konsumen sebelum dibuatkan temu janji,dan tentu saja sebuah temu janji biasanya diawali dengan sebuah telepon/sms terlebih dahulu.
Biasanya warga kaskus seperti ini dikenal dengan istilah COD (cash on delivery).

# LOW BUDGET PROMOTION
Media promosi yg paling murah dan sederhana pada saat ini mungkin adalah sebuah kartu nama,stiker,milis,facebook,twitter dll.
Terutama dalam era informasi ini,peran promosi sangatlah penting bagi seorang tenaga penjual terutama apabila bisa mempraktekkan prinsip yg satu ini.
Contoh dari forum FJB di kaskus,tanpa budget yg besar anda bs mempromosikan produk anda ke warga kaskus lainnya.

# ALL ABOUT RATIO
10:3:1
Adalah ketika seorang seller pempresentasikan produknya kepada 10 konsumen secara terpisah dalam kurun waktu tertentu (misal sebulan) maka bisa di asumsikan bahwa ada 3 konsumen yg tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut.Dan dari 3 konsumen tersebut kemungkinan besar 2 diantaranya akan memilih posisi WAIT n SEE (kalo di kaskus mantau dulu gan ) dan sisanya diprediksi akan menerima penawaran dari anda.
Rasio 10:3:1 ini sering dijumpai dalam asuransi,kredit,maupun MLM.

# LET THEM KNOW
Sebagai seller marketing yang profesionalmaka pertama-tama kepada siapakah anda akan cerita tentang profesi anda dan produk anda ??
Sederhana saja..anda bs sambil ngobrol dalam keadaan santai berbicara ttg penjualan anda disertau kelebihan dan kekurangannya kepada Keluarga,tetangga,teman,komunitas dan khalayak ramai yg blm anda kenal.
Mulailah usaha anda kepada orang2 terdekat/kerabat terdekat utk mengetahui sejauh mana kualitas produk anda.

# WRITE DOWN YOUR SALES PLAN
Setiap sales/seller DIWAJIBKAN membuat sales plan (rencana penjualan).
Misalnya dlm seminggu minimal harus melakukan :
* berapa kali menelepon konsumen
* berapa kali bertemu konsumen
* berapa kali melakukan presentasi
* berapa banyak penambahan daftar nama baru
Hal ini sering dijumpai di sales asuransi,MLM dll.

# BUILD A NETWORK
Sebuah LEAD (daftar nama calon konsumen baru) sangatlah penting bagi seorang tenaga penjual dan salah satu cara memperbanyak lead dengan mengikuti kegiatan seperti menghadiri seminar,bergabung dalam milis,gathering,semua ini sangat membantu utk memperluas Net Work anda.

# FOCUS ON PARETO PRINCIPLE
Vilfredo Pareto mengemukakan Prinsip PARETO atau yg lebih dikenal dengan istilah hukum pareto asumsinya adalah "bahwa dalam total pendapatan anda apabila diperhatikan dgn seksama maka kontribusinya dari konsumen yg jumlahnya hanya sebesar 20% akan memberikan kontribusi sebesar 80% dari total pendaptan anda dan begitu jg sebaliknya".
Pandangan Vilfredo Pareto sampai detik ini masih digunakan dalam hal investasi,sales dan marketing.
Jadi seorang seller harus lebih banyak menghabiskan waktu buat berbicara dgn konsumen yg mayoritas menghuni di kuadran 20% namun menyumbangkan 80% dr total pendapatan anda.
Contoh : dr 10 org mgkin cm 2 org yg rutin menggunakan produk anda.

# DON'T BEG
Alias tidak boleh mengemis / memohon kepada konsumen untuk membeli.
Contoh : dengan adanya target penjualan terkadang sales memohon kepada buyer dengan memberikan cash back (yg dipotong dr komisinya sendiri).
Ini tentu saja akan merusak citra profesi tenaga penjual dan juga menimbulkan persaingan yg tidak sehat antar sesama tenaga penjual.
Namun hal ini sering dilakukan oleh pihak dealer2 kendaraan.

# FIND OUT WHAT CONSUMER EXPEXTATIONS ARE SELL THE SOLUTIONS
Sebenarnya yg dijual seller adaalah SOLUSI.
Contoh : apa yg konsumen beli adalah bukan laptop dengan kecepatan tinggi namun konsumen membeli solusi untuk mempermudah pekerjaan mereka.
Ada konsumen membeli baju bermerk mahal agar bisa mendukung kepercayaan dirinya,untuk menjaga prestise / image nya.

# USING GOLDEN RULE
The Golden Rule : perlakukanlah orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan.
Penjabarannya adalah apabila anda tidak suka dipaksa untuk membeli maka hendaklah jangan pernah anda memaksa konsumen anda untuk membeli apa pun yg sedang anda tawarkan.

# BE PROUD AND PROFESSIONAL
Seorang tenaga penjual harus bangga dan profesional atas profesinya.
Sebagai gambaran apabila anda sebagai agen asuransi,berbanggalah karena yg anda tawarkan adalah sebuah solusi perencanaan keuangan,kesehatan,kesejahteraan orang banyak dimasa depan dan anda turut andil dalam kesejahteraan klien anda.