Sabtu, 17 Mei 2014

Ini Cara Maling ATM Membobol Rekening Nasabah

Artikel ini saya tulis berdasarkan email dari seorang rekan dengan tujuan agar kita dapat mengetahui modus/cara para penjahat ATM sekaligus mengamankan dana/rekening kita dari kemungkinan pembobolan rekening.


Di bawah ini adalah gambar/foto seorang pria sedang berada di ATM; mesin teller otomatis dimana kita sering mempergunakannya untuk bertraksaksi tunai maupun non tunai...
Seseorang berada di ATM bisa berarti banyak hal. Orang tersebut bisa jadi sedang melakukan transfer uang, membayar tagihan kartu kredit, melakukan pembelian isi ulang pulsa, bayar telepon, bayar listrik, bayar air, sekedar cek saldo, atau sedang mangambil uang, atau...... sedang mencoba membobol rekening orang lain ???

Jika anda peduli dengan keamanan rekening anda, disini kami akan coba menulis bagaimana seorang kriminal melakukan pembobolan rekening seorang nasabah.

Pada prinsipnya pembobol rekening melakukan pembobolan rekening nasabah dengan cara melakukan transaksi dengna menggunakan ATM duplikat (=palsu) milik seorang orang lain, sedangkan kartu ATM sendiri hanya dapat digunakan untuk bertransaksi jika nomor kartu sesuai dengan nomor pin yang tersimpan di kartu, ini berarti bahwa seorang penjahat memerlukan dua informasi (nomor kartu dan nomor PIN) untuk membuat duplikat kartu ATM. lantas bagaimana penjahat tersebut mendapatkan nomor kartu dan nomor PIN orang lain ??

Di bawah ini kami sampaikan ilustrasi pencurian informasi Kartu dan PIN tersebut.

1. Pencurian informasi nomor kartu (untuk membuat kartu ATM duplikat) di peroleh dari 
alat yang sering di sebut dengan "Skimer". di bawah ini adalah gambar sebuah skimer ;



Terlihat tidak ada yang aneh dengan alat ini karena di pkiran kita memang itulah tempat kita memasukkan kartu ATM untuk melakukan transaksi. Tetapi jangan terkecoh, alat ini bukan tempat untuk memasukkan kartu ATM yang semestinya. alat ini adalah Alat Skimmer yang di gunakan untuk membaca data kartu ATM anda. kita lihat detil alat ini setelah di preteli ;


Jadi sindikat ini melakukan proses Skimming melalui alat skimmer ini dengan cara menempelkan alat skimer di badan ATM dengan menggunakan isolasi bolak-balik (double tape). cukup rapi dan nyaris tidak terbayangkan sebelumnya.

2. Pencurian Informasi Nomor PIN dilakukan sindikat dengan cara memasang camera mata-mata (Spy cam) yang di arahkan ke papan ketik (keyboard) tempat kita mengetikkan nomor PIN.

di bawah ini adalah contoh pemasangan kamera tersebut.

Sama seperti pemasangan Skimmer, kamera ini juga di pasang di badan ATM dengan mengunakan double tape. hasilnya juga rapi dan nyaris tidak terlihat.

di bawah ini adalah gambar kamera setelah di bongkar;



Pencurian Nomor PIN juga bisa dilakukan dengan menggunakan keypad palsu yang ditempelkan diatas keypad angka asli pada ATM tersebut untuk merekam PIN yang Anda masukkan.


Keypad palsu (untuk merekam tekanan tombol PIN ATM Anda) dilihat dari bawah-beserta alat untuk mengcopy data dari kartu Anda.



Beberapa saran yang kami kumpulkan :

- Perhatikan kondisi ATM yang akan dipakai , para penjahat ini jarang beraksi di ATM-ATM yang berada dicakupan Bank karena biasanya ada satpam maupun kamera yang siap untuk merekam setiap gerak-gerik di lokasi tersebut.

-Bila memang dalam kondisi ramai , lihat-lihat juga sekeliling Anda , pastikan tidak ada hal yang mencurigakan (baik itu benda maupun manusia-itu juga maksud dibuatnya kaca cembung kecil untuk melihat ke arah belakang yang di taruh pada mesin - mesin ATM).

-Saat akan menekan PIN, pastikan jari Anda terlindungi dari sisi -sisi yang diperkirakan bisa terlihat (satu tangan menekan tombol dan tangan lain untuk menutupi )
nasabahnya lupa melakukan hal tersebut. *beberapa Bank juga telah membuat alat*beberapa Bank sudah membuat penutup pada bagian tombol PIN ATM untuk mencegah khusus pada slot masukan kartu ATM Anda sehingga mungkin mempersulit alat untuk skimming pada ATM-ATM yang sudah diprotect tersebut.

- Masukkan password salah, sebelum memasukkan password benar untuk mengecoh bila dikuatirkan ada Keypad palsu yang digunakan untuk merekam.

-Bila terjadi masalah seperti kartu Anda 'tertelan' di mesin ATM..JANGAN PANIK..bila ada orang yang asing yang menganjurkan Anda untuk memasukkan password JANGAN DILAKUKAN, cobalah untuk menekan tombol cancel / batal dan bila kartu masih belum keluar datangi lokasi terdekat Bank Anda & selalu siap dengan menyimpan nomer operator / call center dari Bank Anda pada notes ataupun handphone, karena dibeberapa kasus ada yang sengaja menempelkan nomer palsu pada badan ATM yang ternyata adalah nomer telpon palsu (sindikat dari penjahat tersebut).

- Selalu ingat dan ganti secara rutin PIN ATM tetapi jangan pernah menuliskannya di ATM atau di tempat lain yang mudah di jangkau orang lain.

-Periksa saldo tabungan Anda setiap saat, dan jika anda mengetahui saldo tidak sesuai dengan yang seharusnya segera laporkan kepada Bank dan lakukan pemblokiran jika ada indikasi kuat rekening anda telah di bobol.

* Jika anda mempunyai saran lain, postingkan saja komen anda yang tentu akan berguna bagi pembca yang lain.

Kamis, 15 Mei 2014

Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1 - ....
... baca selengkapnya di Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

ANDROID Anda Bermalasah? ASC Your Solution !


Telah di buka - Android Service Center - Tempat service khusus android 24jam !!

Tujuannya kami membuka Android Service Center adalah untuk membantu semua User pengguna Android dalam Menangani Masalah yang berhubungan dengan android anda mulai dari Bricked sampai dengan Hard Bricked, Dead Boot, Rooting & Unroot dan juga Upgrating ROM System.
Kami juga menangani pemesanan Custom ROM dengan biaya yang relatif murah (Custom ROM - Di edit sesuai dengan keinginan Anda ^^).

Melayani :
Samsung All Type :
Samsung All Type SC :
HTC :
Andromax :
Sony :
Lenovo :
Motorolla :
Dan Semua Android Versi China
----------------------------------------------------
50 User Pertama Android Service Center : Akan Mendapat Kartu Member Khusus, yang bisa di gunakan di semua outlet Android Service Center
Customer Services Android Servies Center
Email : wdxcrown@cyberservices.com

FAQ
y : apa itu Android Service Center / ASC ?
x : Service Center untuk android dan juga sekaligus sebagai tempat konsultasi khusus nya utk perangkat lunak android
y : type android apa saja yang bisa di tangani ?
x : semua type android yg berbasis android
y : berapa lama penanganan service yang di lakukan ?
x : tergantung dari type android yang anda punya,,, maximal 3hari.
y : saya punya android, tapi mati total habis kena air. apa bisa saya bawa ke ASC ?
x : Maaf, Kami hanya menangani Software (Perangkat Lunak) System Android Anda. Kami tidak menangani Hardware.
y : saya tidak tau apa itu root ?
x : Definisi root secara sederhana dapat dijelaskan sebagai sistem akun yang memberikan akses penuh terhadap sistem file perangkat Android anda. Atau disebut juga sebagai akses super user yang merupakan hak akses tertinggi dalam sistem operasi Android. Dengan melakukan root, maka Anda memegang penuh hak atas akses dan eksuksi file, aplikasi, dan semua bagian piranti lunak Android.
Secara default, hak akses penuh tersebut tidak diberikan kepada pengguna bahkan Pemilik perangkat sekalipun (Anda). Hal ini bertujuan mencegah akses terhadap file-file yang bersifat penting yang dapat mengakibatkan kerusakan apabila disalahgunakan. Resiko terburuk adalah kerusakan sistem secara permanen yang berpotensi merugikan pengguna perangkat.
y : Tolong di jelasin, apa itu ROM ?
x : Istilah ROM pastinya sering pula Anda dengar dan baca, ROM sendiri merupakan singkatan dari Read Only Memory yang apabila didefinisikan adalah media penyimpanan file sistem di mana jenis data yang terkandung di dalamnya tidak dapat diisi, di-edit atau dibuat melainkan hanya dapat dibaca serta bersifat tidak mudah hilang atau permanen.
Itu perbedaan mendasar antara ROM dan RAM, jika ROM hanya bisa dibaca sebaliknya RAM sangat bisa diisi dengan data sewaktu-waktu. Data dalam ROM dapat dimodifikasi hanya dengan prosedur yang namanya flashing. Prosedur flashing membutuhkan pemahaman yang baik akan sistem operasi, sehingga tidak akan kita bahas secara mendalam di ulasan kali ini.
y : apa itu CUSTOM ROM ?
x : Pada dasarnya tidak ada perbedaan definisi antara custom ROM dan ROM, perbedaan keduanya hanya terletak pada proses modifikasi dan hasil akhir yang didapatkan. Di mana custom ROM merupakan hasil dari modifikasi pihak ketiga terhadap sistem file firmware perangkat tertentu dalam hal ini adalah Android atau disebut juga Android mod (Android modification).
Dengan kata lain Custom ROM adalah sebuah sistem operasi oprekan yang tidak terikat lagi ke vendor tertentu, melainkan sudah berdiri sendiri lengkap dengan kernel, service, driver, aplikasi dan sistem file pendukung lainnya sehingga dapat berjalan dalam perangkat.

Selasa, 13 Mei 2014

Sharing Tentang Marketing

Inti dari marketing sharing ini adalah bagaimana kita tetap melayani pelanggan dengan baik, entah mereka pada akhirnya belanja ataupun hanya sekedar melihat-lihat saja.

Pada saat itu saya aktif-aktifnya presentasi, baik itu penawaran bisnis ataupun produk yang dipasarkan oleh MLM dimana saya join. Ngga cuma aktif presentasi, tapi juga aktif ditolak bahkan dicounter dengan argumen-argumen yang bikin panas dan pengen nabok prospek yang saya presentasi.
 
Karena masih awal-awal join, belum tahu bagaimana mestinya bersikap, akhirnya yang ada saya berdebat habis-habisan dengan prospek.

Teknik yang sangat salah. Memang pada akhirnya saya bisa memenangkan perdebatan, tapi efeknya ngga ada prospek yang join. Pun belakangan hari ada juga kasus prospek yang kalah debat dengan saya dulunya akhirnya join, tapi bukan dengan saya melainkan dengan orang lain. Apa ngga nyesek coba?
 
Kehilangan Pelanggan
Kemudian saya pun berkonsultasi, rutinitas yang mesti dilakoni kalau mau sukses karena ada di dalam Check Sheet Leader. Saya mengadukan semua permasalahan itu kepada upline, dan jawabannya singkat…
 
“YANG PENTING SIKAP !!!”
Yap sikap. Upline mengajari saya untuk tetap bersikap ramah, memberikan penjelasan tanpa memaksa, dan tidak perlu berdebat apalagi emosi ketika dicounter oleh prospek.

Apapun respon prospek, bagaimana pun cara mereka memberikan penolakan, utamakan sikap seolah-olah kita sedang melayani pelanggan lama yang loyal dan royal. “Ini hanya masalah momen saja.” begitu kata upline saya.

Mungkin mereka tidak join sekarang karena belum merasa butuh. Secara logika, orang kalau tidak butuh meski ditawarkan dengan keuntungan sebesar apapun ya ngga akan klik. Sebaliknya, kalau butuh mereka pasti akan mencari dengan sendirinya. So, tugas utama kita hanyalah memberikan pengetahuan dan edukasi yang tepat. Selebihnya biarkan mereka memilih.
 
 
Keuntungan Dari Menjaga Sikap dan Memberi Pelayanan Maksimal
 
Yang Penting Sikap
Tidak pernah rugi ketika kita senantiasa memberikan pelayanan yang baik dengan maksimal. Mungkin saja skenario terburuk terjadi. Orang yang Anda layani tidak pernah membeli produk Anda. Tapi ingat, DIA PUNYA TEMAN.

Mungkin dia tidak butuh, tapi kita tidak pernah tahu barangkali justru temannya lah yang membutuhkan produk yang kita jual. Saat si teman ini bercerita kepada prospek bahwa dia membutuhkan produk (yang kebetulan kita jual), boleh jadi karena pelayanan kita yang baik dan mengesankan akhirnya si prospek merekomendasikan kita kepada si teman.
 
Bayangkan kalau pelayanan kita buruk. Bisa-bisa si prospek malah bercerita, “Eh kamu kalau beli produk A jangan sama si C deh. Orang itu bla bla bla… Jangan-jangan ntar malah kamu dibohongi!” Nah, kalau sudah begini siapa yang repot coba.
 
Jangan main-main dengan pelanggan Anda. Berikan mereka pelayanan yang baik.

 
 

Seni Menjual RS


Rumah Sakit dikalangan masyarakat pada umumnya adalah hal yang sudah biasa, dalam kondisi sakit harus mengunjungi Rumah Sakit.  Tahun – tahun  terakhir ini pertumbuhan RS begitu pesatnya sehingga setiap individu lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.  Pandangan lain yang harus kita ketahui adalah, RS menginginkan setiap individu yang membutuhkan pelayanan  datang ke RS mereka bukan ke RS lainnya.  Bagaimana agar  masyarakat tertarik untuk memilih salah satu pelayanan dari suatu Rumah Sakit itu adalah salah satu tugas Marketing suatu Rumah Sakit.
Marketing merupakan suatu proses komunikasi  yang  menonjolkan nilai sebuah produk atau service terhadap customer. Marketing tidak hanya  berkaitan dengan  penjualan barang dan  adanya target, seperti yang sering terlintas di masyarakat pada umumnya. Marketing dalam dunia pelayanan kesehatan yang dalam hal ini adalah  RS; tidak  membahas permasalahan barang walaupun tetap berkaitan dengan target yaitu  peningkatan kunjungan pasien ke RS.  Marketing RS memiliki target,  bahwa dengan adanya marketing di suatu RS menjadikan masyarakat mengetahui segala jenis pelayanan yang diberikan Rumah sakit dan masyarakat memiliki dorongan untuk memilih Rumah sakit mereka dalam pelayanan kesehatan sehingga peningkatan kunjungan pasien dapat terpenuhi.

Marketing  sebagai  proses  komunikasi  terhadap nilai pelayanan kesehatan  ke  masyarakat, marketing dapat juga diinterprestasikan sebagai Art of Hospital Selling atau seni dalam “ menjual “. Pada pelayanan kesehatan , marketing yang diinginkan adalah bagaimana bisa menarik para pasien untuk datang berobat terhadap keluhan yang dideritanya juga merekomendasikan kepada pasien lainnya untuk memilih pelayanan yang diberikan oleh Rumah sakit.

Proses  komunikasi  yang  menonjolkan nilai sebuah produk atau service  pelayanan kesehatan sebaiknya tidak hanya dilakukan untuk kalangan external Rumah Sakit saja, kalangan internal Rumah  Sakit juga harus dikomunikasikan. Para karyawan adalah  “corong” awal promosi dari pelayanan kesehatan setiap Rumah  Sakit. Setiap program yang diberlakukan di Rumah Sakit harus terlebih dahulu diinformasikan ke para karyawan.   

Marketing suatu RS dibutuhkan untuk lebih mempercepat banyaknya masyarakat mengetahui keberadaan pelayanan, termasuk bagaimana pelayanan itu diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Tidak mungkin dihindari bahwa promosi  suatu RS selalu dibutuhkan, baik untuk RS baru maupun RS yang sudah berlangsung lama. Hanya saja jenis dari promosi yang dilakukan tidak mungkin disamakan antara RS satu dengan yang lainnya.

Promosi RS dapat dilakukan dengan berbagai bentuk, mulai dari hanya selembar brosur hingga dilakukannya pameran pada event – event juga melalui internet atau social media.  Pemilihan bentuk promosi yang saat ini pasti dilakukan adalah melalu I dunia  internet, selain mudah juga murah; selain itu seiring dengan berkembangnya tehnologi hal ini mudah dijangkau oleh masyarakat luas.

Komplain yang  terjadi pada pelayanan RS dapat juga dijadikan sarana promosi, bukan promosi yang berdampak langsung  memang. Bentuk keluhan pelanggan baik yang langsung atau tertulis bila ditangani secara porfesional oleh petugas RS dapat memberikan penilai baik terhadap RS.  Marketing RS dalam hal ini dapat turut berperan serta, dengan adanya complain  marketing  mendapatkan pandangan lain terhadap pelayanan yang diterima oleh pasien sehingga kelak dapat dipikirkan strategi untuk memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pasien.

“ Jangan jadikan  komplain sebagai kesalahan RS, tetapi sebagai bentuk perbaikan pelayanan . “