Selama ini orang - orang seperti terkondisikan bahwa RS adalah sebuah
tempat pelayanan kesehatan yang berlandaskan kemanusiaan sehingga tidak
layak menerapkan asas- asas marketing dalam pengelolaan pelayanan
kesehatan, padahal biaya operasional RS yang besar jika tidak diimbangi
income yang besar maka justru akan mengalami kebangkrutan,bahkan sempat
muncul persepsi negatif di masyarakat bahwa salah satu strategi
pemasaran RS adalah promosi, Promosi RS dikonotasikan dengan membujuk
serta mengarahkan seseorang agar mengunjungi RS tertentu. padahal
seperti yang kita ketahui bahwa promosi merupakan salah satu media yang
sangat baik, bahkan beberapa RS juga mulai menerapkan kegiatan-kegiatan
kehumasan (public relations) .
Saat ini, banyak orang lebih suka mencari informasi dari internet, sehingga internet perlu dipertimbangkan sebagai salah satu alat pemasaran bagi industri rumah sakit.
2. Website
3. Gunakan medical search engine optimization
4. Gunakan konten yang menarik dan dibutuhkan
5. Gunakan video marketing Anda juga dapat mengambil keuntungan dari video marketing.
Saat ini, banyak orang lebih suka mencari informasi dari internet, sehingga internet perlu dipertimbangkan sebagai salah satu alat pemasaran bagi industri rumah sakit.
Inilah kunci komunikasi pemasaran rumah sakit dengan menggunakan internet:
1. Strategi brand rumah sakit
Susunlah strategi brand rumah sakit
anda. Anda perlu memetakan khalayak sasar anda berdasarkan aspirasinya,
sikap, persepsi dan ekspektasi terhadap rumah sakit anda, permasalahan
yang mereka hadapi dan kebutuhan yang belum terpenuhi. Anda juga perlu
tahu persepsi, ekspektasi dan harapan karyawan, mitra usaha, vendor
dan regulator yang terkait dengan rumah sakit anda. Kemudian, analisa
kompetitor anda, apa kelebihan dan kekurangan mereka, dan bagaimana
tanggapan pasien terhadap kelebihan dan kekurangan tersebut. Juga,
bagaimana kompetitor menjalankan kegiatan komunikasi pemasarannya. Dari
berbagai analisa tersebut, anda akan dapat menentukan "positioning" yang paling tepat untuk rumah sakit anda.
Dari sanalah anda dapat menentukan
strategi pemasaran dan komunikasi rumah sakit anda. Strategi inilah yang
harus menentukan bagaimana rumah sakit anda harus "diceritakan" dan
"dijual" kepada publik. Berdasarkan strategi tersebut, anda akan dapat
menentukan "personality", "tone and manner", warna, identitas layanan, dan berbagai hal lain yang terkait dengan rumah sakit anda.
2. Website
Berdasarkan arahan di atas, anda akan
dengan mudah membuat website yang profesional dan efektif bagi rumah
sakit anda. Website adalah "pemasar" pertama melalui internet. Jadi anda
harus meyakinkan bahwa website anda:
- menampilkan keunggulan rumah sakit anda, sesuai dengan "positioning" yang telah ditentukan.
- informatif, memberikan informasi jelas mengenai berbagai layanan, sesuai dengan kebutuhan calon pasien.
- efektif mendorong pengunjung website untuk mencoba layanan rumah sakit anda. Perhatikan "landing pages" untuk menolong calon pasien untuk dapat menjadi pasien anda.
- memiliki disain yang menarik dan profesional, sesuai arahan brand di atas, mudah dibaca dan menggugah ketertarikan calon pasien.
Tampilan website anda, akan memberikan
kesan pertama pada calon pasien anda. Tidak hanya harus didisain secara
professional, website juga harus dibuat untuk berbagai platform,
terutama mobile. Ada baiknya jika website diisi dengan video tambahan
dan foto sehingga pengunjung website bisa memiliki gambaran tentang
rumah sakit anda.
3. Gunakan medical search engine optimization
Search Engine Optimization
(SEO) berarti membuat website anda dan content anda menjadi sangat mudah
untuk dicari, dan tampil pada halaman pertama di Google.
Tentukan kata kunci apa yang biasanya
dicari oleh calon pasien, dan bekerjalah dengan menggunakan berbagai
teknik SEO agar nama rumah sakit anda muncul di halaman pertama (bahkan
baris pertama) apabila ada yang mencari kata kunci tersebut di google.
4. Gunakan konten yang menarik dan dibutuhkan
Tampilkan berbagai artikel, foto, video,
cerita, dan berita yang menarik perhatian pasien dan calon pasien baik
di website anda, blog, media sosial, maupun website-website lain.
Pastikan agar artikel-artikel di website
dan blog anda dipromosikan melalui media sosial, berita, email, mailing
list, atau forum, melalui link yang mengarah pada artikel, foto, video
tersebut.
Anda juga dapat membahas artikel dari sumber lain yang sudah ada.
Makin ramai diskusi dan makin banyak
kunjungan ke website anda, makin populerlah website anda, makin tinggi
kesempatannya untuk muncul pada halaman pertama di mesin pencari seperti
Google.
Jangan lupa cantumkan link dari sumber
artikel yang anda ambil dari website lain. Makin banyak live link di
site anda, maka makin tinggi ranking nya di halaman mesin pencari.
5. Gunakan video marketing Anda juga dapat mengambil keuntungan dari video marketing.
Video bisa berisi berbagai info
kesehatan yang dikemas menarik. Pastikan tags pada video anda mengandung
SEO rumah sakit anda sehingga video bisa mudah dicari di search engine.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar